Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Biopori di Rumah

Assalamu’alaikum,,
Puji Syukur kepada Alloh SWT karena di moment berbahagia ini adalah edisi pertama saya menulis di blog, alhamdulillah..😉✌. Oke sedikit  saya berikan penjelasan tentang biopori, biopori adalah lubang yang dibuat di dalam tanah dengan diameter sekitar 7,5 s.d 10cm dengan kedalaman 50 s.d 100cm. 

Biopori sendiri adalah metode resapan air yang ditemukan oleh Dr. Kamir Raziudin Brata seorang peneliti dari Institut Pertanian Bogor. Penerapannya bisa dilakukan di halaman rumah atau area-area yang banyak genangan air.


Gambar 1. Biopori

Berikut Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk pembuatan biopori :

  • Pipa Paralon diameter 3” (7,5cm) atau 4” (10cm) yang sudah dipotong 50 s.d 100cm
  • Alat Gali Biopori (bisa dibeli di toko tanaman secara online harga 120-150rb)
  • Bor Listrik (untuk melubangi)
  • Sampah organik
  • Tutup Paralon 3” atau 4”
  • Air
  • Semen+pasir (Optional)


Gambar 2. Alat & bahan

Langkah 1 Penggalian
Buat Galian lubang didalam tanah dengan Alat Gali biopori yang sudah disediakan dengan menancapkan Alat Gali dengan melakukan penekanan ke dalam tanah dengan memutar. 
Apabila sudah mulai keras bisa ditambahkan air secukupnya ke dalam lubang yang digali agar mempermudah proses penggalian. 
Lakukan penggalian sampai dengan kedalaman yang diinginkan (50 s.d 100cm). Sedikit info alat gali tersebut juga bisa digunakan untuk melubangi tanah jika teman-teman ingin menanam tanaman-tanaman kecil👍. 

Langkah 2 Melubangi & Memasukkan Paralon ke dalam lubang galian
Lubangi sisi paralon menggunakan bor (bisa menggunakan mata bor kayu/besi), lubang tersebut dibuat untuk tempat sirkulasi air di dalam tanah. Selanjutnya paralon bisa dimasukkan ke dalam tanah yang sudah digali. 

Gambar 3. Paralon yang sudah dilubangi

Langkah 3 Memasukan Sampah Organik
Masukkan sampah Organik (sampah kertas, daun-daunan, atau sayuran) ke dalam lubang yang telah diisi paralon tersebut kurang lebih setengah (1/2) bagian lubang biopori.  Sampah tersebut nantinya akan membusuk dan terjadi pengomposan di dalam tanah. Tentunya akan membuat terjadinya peningkatan kesehatan tanaman di sekitar lubang biopori dan membuat air hujan meresap dengan sempurna.

Langkah 4 Menutup Lubang Biopori
Langkah terakhir yaitu dengan menutup lubang biopori dengan tutup paralon dengan ukuran yang disesuaikan dengan pipa paralonnya, bisa 3” atau 4”. Selanjutnya sisi samping paralon bisa diganjal dan dikeraskan dengan tanah kembali, atau jika menginginkan hasil yang lebih optimal bisa menggunakan pasir & semen untuk meratakan pinggiran lubang biopori agar lebih kuat.

Gambar 4. Hasil Akhir


Sedikit informasi harga yang saya butuhkan untuk membuat lubang biopori, 
1. Alat Gali Biopori (120rb), bisa digunakan terus menerus
2. Pipa Paralon 3" (saya punya bekas, tp kalau beli di material sekitar 20rb/m)
3. Tutup Paralon 3" (2rb/pcs, saya pakai 6 jadi 12rb)
4. Kebetulan Bor, Sampah Organik sudah ada.
5. Pasir dan semen (saya tidak gunakan)Jadi perkiraan saya menghabiskan biaya 132rb. cukup murah kan?? 

Sekian informasi dari saya, semoga mendapatkan manfaat untuk teman-teman semua, dan silahkan mencoba dirumah yaa..👍 Terima Kasih. Wassalamu'alaikum wr.wb.

Post a Comment for "Membuat Biopori di Rumah"