Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Caranya agar Video Conference Tetap Lancar

Sudah satu tahun berlalu sejak masa pandemi di Indonesia, banyak aktivitas kegiatan belajar mengajar, rapat kerja, maupun pelatihan-pelatihan yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka mulai diubah menjadi sistem online. Pandemi corona yang menyerang dunia memaksa sebagian besar para pegawai untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH), sebaliknya sedikit sekali yang bekerja di Kantor atau work from office (WFO) . 

Saat ini banyak pegawai yang memanfaatkan aplikasi video conference untuk mempermudah kelancaran kegiatan. Sayangnya, ada salah satu kendala besar dalam penggunaan video conference yaitu akses internet yang lambat. Akses internet yang lambat saat video conference akan menghambat pekerjaan yang sedang kita jalani. Misalnya saja, informasi dari guru tidak begitu terdengar jelas oleh murid, koordinasi antar pegawai jadi terganggu saat rapat, dan lain sebagainya. Tentunya hal itu seringkali membuat kita panik dalam mengatasi permasalahan tersebut.



Berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan agar koneksi Internet bisa berjalan dengan baik :


1. Optimalkan jumlah pengguna yang terhubung di jaringan lokal. 

Saat berada di ruangan yang terhubung Internet bagaimana keadaan jumlah pengguna dan kecepatan koneksi yang ada?, Semakin banyak pengguna tentu internetnya jadi semakin lambat bukan?, Untuk Mempercepat koneksi internet penting memperhatikan jumlah pengguna. Jika pengguna internet melebihi limit seharusnya, yang terjadi adalah lambat/lemot. Akan menjadi lebih mudah kalau internet yang kita pasang bisa diperhatikan device apa saja yang terhubung (Kurangi yang tidak perlu).

2. Perhatikan aktivitas Perangkat (Laptop, Komputer, Ponsel).

Nah, selain pengguna, salah satu penyebab akses internet atau WiFi (access point)  terganggu adalah adanya pengunduhan file dalam ukuran besar yang berjalan bersamaan dengan aktifitas perangkat, lalu tutup aplikasi atau browser yang tidak diperlukan. Hal ini bisa jadi berpengaruh pada kecepatan dan tingkat kestabilan jaringan.

3. Prioritaskan menggunakan LAN (Local Area Network)

Dibandingkan menggunakan WiFi, sebaiknya hubungkan komputer atau laptop kita Kita dengan kabel LAN. Pasalnya, koneksi LAN terhubung langsung melalui jalur kabel sehingga memperlancar arus data dibandingkan menggunakan jaringan WiFi. 


4. Optimalkan Pembagian Bandwidh Internet

Banyaknya perangkat yang terhubung ke jaringan internet yang sama secara bersamaan pastinya akan menguras bandwidth internet yang tersedia. Oleh karena itu, sebelum memulai video conference, pastikan kita memutuskan koneksi internet pada perangkat-perangkat yang tidak terlalu penting untuk digunakan. Semakin sedikit perangkat yang terhubung dengan akses internet yang sama, semakin stabil koneksi internet yang kita dapatkan saat melakukan video conference. Atau, apabila Kita ingin tetap perangkat terhubung di jaringan yang sama tanpa mengganggu koneksi internet selama video conference, kita bisa mengatur bandwidth dan membagi access point internet. Misalnya, buat access point khusus dengan bandwidth memadai untuk melakukan video conference atau kegiatan bekerja di rumah. Untuk hal ini bisa dibantu oleh petugas Provider yang menyediakan layanan Internet, bisa juga dibantu Staf IT jika penyelenggaraan video conference dilakukan di kantor.

5. Atur Kualitas Audio/Video

Apabila internet sedang tidak stabil alias lambat, Kita bisa mengatur kualitas video dan audio ke level yang lebih rendah. Tujuannya, agar pengguna tetap terhubung ke percakapan, meskipun dengan kualitas audio dan video seadanya. Misalnya, apabila kualitas video HD membuat internet menjadi lambar, Kita bisa menurunkannya ke kualitas SD, dan seterusnya.


Nah, itulah tadi tips dari saya mengenai "Bagaimana Caranya agar Video Conference Tetap Lancar" baik saat WFH maupun WFO. Diharapkan informasi ini membuat kita banyak belajar dan memahami bahwa problem yang kita alami saat video conference tidak selalu dari satu sudut pandang permasalahan saja. Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.



link : http://books.al-azhar.or.id/books/dwao/#p=46

oleh : bhayu aditya prihantoro



------------B.A.P-------------

Post a Comment for "Begini Caranya agar Video Conference Tetap Lancar"