Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi tulisan "periksa" pada meteran listrik prabayar

Dalam lingkungan rumah tangga, penggunaan listrik merupakan salah satu kebutuhan yang utama, di Indonesia sendiri terdapat 2 (dua) jenis meteran listrik, pascabayar dan prabayar.

Untuk pemasangan baru meteran Listrik pascabayar sendiri sudah tidak diberlakukan di beberapa daerah (kecuali ada permintaan atau kebutuhan) setelah di tahun 2008 PLN melakukan ujicoba listrik prabayar (pulsa) di Kota Bandung. Sampai dengan tahun 2019 metode pengisian meteran listrik prabayar sudah diterapkan di banyak daerah di Indonesia.

Ok, back to topic..
Teman-teman yang menggunakan meteran listrik pascabayar pernah nggak sih mengalami "pesan error" pada layar meteran listriknya?
Saya berbagi pengalaman saat mengalami masalah pada layar meteran yang tertulis "PERIKSA", tidak hanya itu didalamnya juga ada "gambar tangan melambai".

Kondisi tersebut sangat mengganggu karena dalam kondisi ini pulsa yang kita beli dipastikan tidak bisa diisi sampai pesan error tersebut hilang, menjengkelkan bukan? 

Nah jangan panik dulu, untuk mengatasi masalah itu coba ikuti langkah-langkah seperti ini :


Hubungi call center PLN (123)

Teman-akan ikuti petunjuk oleh operator yang nantinya akan diarahkan untuk berbicara dengan customer service (CS), sebelum menyampaikan keluhan nantinya akan ditanya data pemilik, no meter, nama, nomor ponsel, alamat rumah (jangan lupa siapkan nomor meter sebelum hubungi 123).


Tunggu beberapa jam sampai Teknisi PLN menghubung anda

Teknisi PLN Regional tempat teman-teman tinggal akan menghubungi via nomor ponsel yang sudah diberikan, langkah awal teman teman akan diberikan nomor untuk mereset meteran.
Saat itu saya dikirim sms seperti ini :

"Selamat Siang , kami dari gangguan Rayon Cibinong, Untuk kode Reset : 7170 2110 7496 9740 9658  , Caranya : Matikan Mcb Di Kwh, Masukkan Kode ,tekan enter, Masukkan pulsa , tekan enter, nyalakan mcb kembali."

Done, saya coba akhirnya masalah terselesaikan..!!

Ada beberapa kejadian serupa yang belum berhasil, biasanya dalam waktu 2x24jam akan dikunjungi oleh Teknisi PLN untuk pemeriksaan lebih lanjut sampai dengan Instalasi Grounding listrik. semoga membantu..

1 comment for "Mengatasi tulisan "periksa" pada meteran listrik prabayar"

  1. You should indulge in a contest personally of the highest quality blogs online. I most certainly will recommend this page! Flow Meter LC

    ReplyDelete